Tuesday, June 25, 2019

Tiga SMAN di Blitar Buka PPDB Offline Karena Pagu Kekurangan Siswa | PT Rifan Financindo

Tiga SMAN di Blitar Buka PPDB Offline Karena Pagu Kekurangan Siswa

PT Rifan Financindo - Penerapan Sistem Zonasi  pada PPDB berdampak banyaknya sekolah yang kekurangan siswa baru. Seperti yang terjadi di Kabupaten dan Kota Blitar.

Ada tiga SMA yang terpaksa membuka pendaftaran secara offline. Itu karena pagu tidak terpenuhi dengan sistem zonasi secara online.

Dua dari tiga SMA yang dimaksud berada di Kabupaten Blitar. Yakni SMAN Ponggok dan Kademangan. Sedangkan yang di Kota Blitar yakni SMAN 4.

"Ada tiga SMA di Blitar yang masih belum memenuhi pagu pada pendaftaran online. Yaitu, SMAN 4 Kota Blitar, SMAN Ponggok, dan SMAN Kademangan," kata Koordinator Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Blitar Karno, usai audiensi dengan DPRD Kota Blitar, Senin (24/6/2019).


Data dari situs resmi PPDB tingkat SMA di Jatim menerangkan, pagu SMAN Ponggok sebanyak 225 siswa dan hanya terisi sekitar 176 siswa. Berarti masih kurang sekitar 49 siswa.

Sedangkan pagu SMAN Kademangan sebanyak 255 siswa dan hanya terisi 136 siswa. Atau masih kurang sekitar 119 siswa.

Sementara pagu di SMAN 4 Kota Blitar sebanyak 291 siswa. Dari total itu, hanya ada 160 siswa yang diterima. Atau masih kekurangan 131 siswa.

Sesuai arahan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, ketiga lembaga pendidikan itu bisa memenuhi pagunya dengan cara membuka kembali pendaftaran Sistem Zonasi  secara offline.

"Kita ikuti arahan dan menyesuaikan situasi saja. Yang penting kita ikuti arahan Cabdin. Kita lakukan pemenuhan pagu tanpa online, artinya kami umumkan siswa yang belum diterima kami beritahu kalau di sini masih ada pagu," kata Wakil Kepala SMAN 4 Kota Blitar Bidang Kesiswaan, Prasetijoko Utomo.

Sesuai tahapan PPDB, sebenarnya pendaftaran offline telah ditutup pada 18 Juni. Dan pendaftaran online ditutup 25 Juni. Namun karena banyaknya masalah yang timbul, Pemprov Jatim kemudian mengeluarkan kebijakan untuk membuka kembali pendaftaran offline ini pada 28-29 Juni. Kebijakan ini untuk memenuhi jumlah pagu lembaga pendidikan. Sekaligus menambah quota bagi jalur berprestasi.

Sumber: News.detik
PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...