Tuesday, August 4, 2020

Kemenkes Peringatkan Akun Berkicau 'Anjing Ini Lebih Berguna dari Menkes Kita' | PT Rifan Financindo

PT Rifan -  

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberi surat peringatan untuk akun bernama Aqwam Fiazmi Hanifan terkait retweet salah satu cuitan. Aqwam me-retweet posting-an soal anjing dan menuliskan kalimat 'Menteri Kesehatan Kita'.

Duduk perkaranya adalah akun atas nama Aqwam Fiazmi Hanifan me-retweet cuitan Al Jazeera English yang membahas soal anjing German Sniffer. Dalam retweet-nya, Aqwam menuliskan kalimat: 'Anjing ini lebih berguna ketimbang Menteri Kesehatan kita'.

Kemenkes lantas membalas cuitan Aqwam dengan menyertakan surat peringatan, Selasa (4/8/2020). Kemenkes menilai cuitan Aqwam sudah menyalahi UU ITE.

"Menkes dan @kemenkesRI terbuka dengan kritik dan saran dari siapapun. Namun kami menilai unggahan saudara memuat unsur penghinaan dan pencemaran nama baik Menkes dan Kemenkes sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) UU ITE. Saudara Aqwam, kami tunggu itikad baiknya," tulis Kemenkes seperti dikutip dari Twitter resmi mereka.

Surat peringatan Kemenkes untuk Aqwam Fiazmi Hanifan (Dok. Twitter Kemenkes)Surat peringatan Kemenkes untuk Aqwam Fiazmi Hanifan (Twitter/@KemenkesRI)

Surat ini ditandatangani Kabiro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, drg Widyawati. Dimintai konfirmasi terpisah, Widyawati menyatakan belum ada permintaan maaf dari Aqwam Fiazmi Hanifan atas cuitan tersebut.

"Belum," kata Widyawati.

Widyawati menegaskan Aqwam Fiazmi Hanifan punya waktu 2x24 jam untuk menghapus cuitannya dan meminta maaf kepada Menkes Terawan Agus Putranto secara tertulis di atas meterai dan diunggah ke media sosial.

Dalam suratnya, jika hal yang diminta Kemenkes tak dilakukan Aqwam Fiazmi Hanifah, Kemenkes bakal membawa permasalahan ini ke ranah hukum.

"2 x 24 (jam) sesuai surat," ujar Widyawati.

Dilihat detikcom, cuitan Aqwam sudah tak bisa ditemui lagi. detikcom sudah mengontak Aqwam via direct message Twitter untuk menanyakan permasalahan ini namun belum ada respons.

Sumber: News.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...