Monday, January 2, 2023

Istri Indra Bekti Open Donasi, Pendarahan Otak Tak Ditanggung BPJS? | PT Rifan Financindo

 PT Rifan Financindo  - Selebriti Indra Bekti saat ini sedang dirawat karena pendarahan otak di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat. Istri Indra Bekti, Aldila Jelita membuka penggalangan dana untuk pengobatan suaminya.

Tindakan Aldila menuai pro dan kontra dari netizen. Di luar itu banyak juga masyarakat yang mempertanyakan terkait kepemilikan Indra Bekti atas asuransi, termasuk BPJS Kesehatan. Lantas Sebab banyak netizen yang mengatakan bahwa perawatan Indra Bekti sendiri bisa dicover oleh BPJS Kesehatan.

Benarkah BPJS Kesehatan menanggung penyakit pendarahan otak? Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas menegaskan bahwa pendarahan otak termasuk dalam penyakit yang bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Dikatakan bahwa BPJS Kesehatan menjamin perawatan untuk kasus pendarahan otak seperti yang dialami Indra Bekti, baik dari biaya operasi hingga perawatan di rumah sakit. Hal ini seperti yang sudah diatur dalam Peraturan Kementerian Kesehatan (Permenkes) 52 Tahun 2016.

"BPJS Kesehatan menjamin kasus seperti yang dialami Indra Bekti.. diatur dalam Permenkes 52 tahun 2016," jelasnya saat dihubungi detikcom, Senin (2/1/2023).

Meski demikian, perlu diingat bahwa terdapat sejumlah pengecualian yang menyebabkan biaya operasi pendarahan otak tidak dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

Misalkan pendarahan otak yang disebabkan oleh kecelakaan kerja atau dikarenakan tindak kekerasan (kriminal). Hal ini seperti yang sudah ditegaskan dalam Pasal 52 Perpres 82 Tahun 2018. "Ini diatur di Pasal 52 Perpres 82 Tahun 2018.. tegas di sana diatur bahwa kasus kekerasan tidak ditanggung," jelasnya lagi.

Karena itu, jika Indra Bekti sendiri diketahui tak mengalami kasus kekerasan terkait dengan pendarahan otak, maka bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...