Tuesday, February 21, 2023

Pemkot Bogor Bakal Terapkan Sistem Kabel Bawah Tanah Agar Tak Semrawut | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menerapkan sistem ducting atau kabel tanam bawah tanah. Hal ini dilakukan untuk menata kabel-kabel yang melintang dan tampak semrawut.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, penataan kabel yang melintang dan semrawut dilakukan karena mengganggu keindahan dan berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Kenapa menjadi perhatian, karena pertama pasti mengganggu keindahan kota dan secara visual sangat tidak estetis. Yang kedua, kelihatannya pengendalian dari pemasangan kabel atas, khususnya kabel fiber optik yang dilakukan oleh operator maupun provider ini juga tidak bisa dilakukan lagi ke depan secara semena-mena," kata Dedie Rachim dalam keterangannya, Selasa (21/2/2023).

Dedie menyebut, Pemkot Bogor terus berupaya mencari solusi agar kedua hal tersebut tidak menjadi permasalahan besar di kemudian hari. Meskipun, langkah yang harus ditempuh tidaklah mudah.

"Rencana penataan ini juga akan melibatkan asosiasi-asosiasi, perusahaan jasa atau provider-provider yang menggunakan kabel fiber optik melalui lintasan atas. Harus juga kemudian dikoordinasikan dengan beberapa instansi lain, seperti Telkom, PGN, termasuk juga PLN dan PDAM," ucap Dedie.

Dedie menyebutkan, regulasi untuk mendukung rencana penataan kabel juga disiapkan melalui Peraturan Wali Kota (Perwali) dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor.

"Termasuk juga mungkin kita koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait yang sebetulnya sudah mengajukan semacam MoU untuk pilot project di Kota Bogor. Khususnya di area sistem satu arah (SSA), sehingga kita punya gambaran," kata Dedie.

"Sehingga Kota Bogor ini penataannya bisa lebih baik. Dan hal ini perlu kita koordinasikan dengan PUPR pusat dan provinsi sebagai pengampu jalan yang ada di Kota Bogor," tambahnya.

Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...