Monday, March 13, 2023

Mahasiswa Unsika Ciptakan Mobil Listrik Jenis Formula, Begini Spesifikasinya | PT Rifan Financindo

 PT Rifan Financindo   - Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) berhasil menciptakan mobil listrik jenis formula. Mobil yang dinamakan Singaperbangsa Electrical Vehicles (EV-1) itu dapat melaju dengan kecepatan 70 kilometer per jam.

Mobil yang dirakit selama enam bulan ini mayoritas menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, mulai dari penggerak sampai bodi.

"Jelas mobil ini kami rancang ramah lingkungan, bukan hanya dari penggeraknya yang menggunakan energi listrik, namun di sisi lain menggunakan serat daun nanas sebagai bodi dari mobil listrik ini," jelas ketua tim perancang, Nurul Arifin, seperti dikutip dari detikJabar.


Menurut Arif, program studi Teknik Mesin Unsika membentuk tim mobil listrik yang dinamakan Tim Anobrain. Dia menjelaskan, tim tersebut adalah wadah untuk mahasiswa Teknik Mesin Unsika membuat gagasan baru, yakni merancang dan mengembangkan mobil listrik menggunakan energi motor listrik yang ramah lingkungan.

Para mahasiswa mengkonsep langsung mobil listrik tersebut dan dibimbing para dosen Teknik Mesin Unsika. "Kami beranggotakan 34 orang, kami mengonsep sendiri dari mulai rangka, mesin, sasis hingga perakitan, dengan bimbingan dosen," ujar Arif.

Mobil listrik jenis formula mahasiswa Unsika disiapkan dalam rangka kompetisi tingkat nasional dan internasional yang diselenggarakan tahun depan. Arif turut menyebut, mobil listrik ini dibuat sesuai regulasi kompetisi.

Spesifikasi Mobil Listrik Unsika
Arif menyatakan, ketahanan mobil listrik buatan timnya cukup kuat. Sementara, dimensinya sendiri memiliki panjang total 250 sentimeter, tinggi 110 sentimeter, jarak ke tanah setinggi 10,5 sentimeter, dan lebar poros 138 sentimeter.

Mobil tersebut dilengkapi daya motor listrik 60 volt atau 2.000 watt. Kemudian, sistem transmisinya memakai sprocket and chain dengan daya baterai 30 ampere hour.

"Sistem pengereman sendiri oil disk double piston, dengan pengereman electric emergency button, sedangkan untuk kecepatan mobil ini mampu melesat dengan kecepatan maksimal 70 kilometer perjam, atau 980RPM," paparnya kepada detikJabar.

Arif mengatakan, mobil ini tahan air dan efisiensinya cukup lumayan untuk jenis formula. "Sasis stator dari inti alumunium, mobil ini memiliki efisiensi sekitar 88-93 persen," ungkapnya.


Sumber : detik

 PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...