Friday, September 1, 2023

Apa Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia? Simak 9 Perannya!

Tahukah kamu apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia? Fungsi yang paling sering disebutkan adalah menjadi pandangan hidup atau "way of life" bangsa Indonesia.
Selain itu, masih ada sejumlah peran dan fungsi Pancasila yang harus kalian ketahui. Simak 9 peran dan fungsi Pancasila tersebut.

Apa Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia?
Dirangkum dari situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan buku Kumpulan Asas Hukum (2022) yang disusun Amir Ilyas dan Muh Nursal NS, berikut ini 10 peran dan fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia.

1. Pancasila sebagai Way of Life
Pancasila memiliki peran dan fungsi sebagai way of life atau pandangan hidup bangsa Indonesia. Hal ini mengandung makna bahwa semua kegiatan di segala lini kehidupan harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila.

2. Pancasila sebagai Dasar Negara
Pancasila sudah ditetapkan sejak awal sebagai dasar negara Republik Indonesia. Dalam mengatur pemerintahan, Pancasila digunakan sebagai dasar pertimbangan.

3. Pancasila sebagai Falsafah Hidup
Bung Karno pernah menyebut Pancasila sebagai Philosofische Grondslag atau falsafah hidup.

Asas hukum dan pancasila berisi nilai etika dan moral. Falsafah ini menentukan kaidah perilaku yang kemudian diwujudkan dalam aturan hukum.

4. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa
Sebuah bangsa harus memiliki kepribadian. Pancasila adalah wujud kepribadian bangsa Indonesia yang membedakannya dengan negara lain.

5. Pancasila sebagai Sumber Hukum
Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum. Pancasila menjadi sumber dari hukum tertinggi di Indonesia, yaitu UUD 1945. Dengan demikian, aturan turunannya otomatis bersumber dari Pancasila.

6. Pancasila sebagai Cita-cita Bangsa
Pancasila merupakan asas hukum yang bersifat abstrak universal untuk mencapai kehidupan negara yang ideal. Untuk itu, bangsa Indonesia harus menjadikan Pancasila sebagai cita-cita bangsa.

7. Pancasila sebagai Jiwa Bangsa
Pancasila merupakan jiwa dari bangsa Indonesia yang memiliki nilai moral. Tanpa jiwa, negara seakan mati.

8. Pancasila sebagai Perjanjian Luhur
Dalam proses memerdekakan Indonesia, para tokoh bersepakat bahwa Pancasila adalah dasar negara bangsa Indonesia. Ini seakan menjadi perjanjian luhur yang menyatukan seluruh bangsa Indonesia.

9. Pancasila sebagai Solusi
Pancasila dapat dijadikan sebagai petunjuk dan solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik itu persoalan budaya, sosial, ekonomi, dan politik.

Itulah tadi telah terjawab pertanyaan apa fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia, yaitu sebagai pandangan hidup, sumber hukum, hingga menjadi solusi masalah.

Sumber : fnews.detik

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...