Friday, November 10, 2023

GOTO & TOBA Luncurkan Motor Listrik H5, Harga Rp 20 Jutaan

Perusahan patungan GOTO dan TOBA, Electrum, meluncurkan produk motor listrik bernama Electrum H5. Harganya diperkirakan berkisar Rp 20 jutaan. Begini bentuknya.



Perusahaan teknologi di sektor electric vehicle (EV), Electrum, meluncurkan produk motor listrik bernama Electrum H5. Untuk menggarap kendaraan listrik ini, disebut-sebut butuh investasi hingga triliunan.  

Perlu diketahui, Electrum merupakan perusahaan patungan bersama (joint venture) yang didirikan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).  

Tak hanya motor listrik, kali ini Electrum juga meluncurkan ekosistem pendukung seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan infrastruktur digital. Keseluruhan ekosistem motor listrik Electrum merupakan karya desainer dan insinyur lokal.  

Komisaris Electrum yang juga Wakil Direktur Utama TOBA Pandu Patria Sjahrir mengatakan, untuk tahap awalnya motor ini akan dipasarkan untuk mitra driver Gojek. Diperkirakan, investasi untuk pengembangan proyek ini secara keseluruhan mencapai lebih dari Rp 1 triliun.  

Electrum H5 memiliki top speed atau kecepatan maksimal hingga 90km/jam. Hanya dengan 6s dapat mencapai kecepatan 0-60 km/jam. Performa motor ini terbilang tinggi, dengan rated power sebesar 4kW pada 3,000 rpm dan torsi 30 N.m pada 1,600 rpm.  

Motor ini dilengkapi dengan dua baterai Lithium-Ion berbasis nikel bisa mencapai 120 km. Juga dapat digunakan walau satu baterai saja hingga dapat menempuh 60 km. Baterai memiliki kapasitas sebesar 1,8 kWh per baterai yang lebih tinggi dibandingkan motor sekelasnya. Dengan kapasitas baterai yang lebih tinggi, H5 dapat menjangkau jarak tempuh yang lebih jauh. Harga motor ini nantinya berkisar Rp 20-23 jutaan.


Sumber : finance.detik

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...