Tuesday, December 5, 2023

KUR BNI 2023: Tabel Angsuran, Syarat, Hingga Keunggulannya





PT. Bank Negara Indonesia (BNI) menyediakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada masyarakat yang membutuhkan tambahan modal untuk membangun usaha. Adapun fasilitas kredit yang diberikan oleh Bank BNI maksimal mencapai Rp 500 juta.
Untuk mengajukan KUR BNI, nasabah harus memenuhi sejumlah syarat-syaratnya. Selain itu, nasabah juga perlu mengetahui tabel angsurannya yang saat ini maksimal mencapai 60 bulan atau 5 tahun.

Lantas, apa saja syarat pengajuan KUR BNI 2023? Lalu seperti apa tabel angsurannya? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Sekilas Tentang KUR BNI
Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI adalah fasilitas kredit dari Bank BNI yang dapat digunakan sebagai tambahan modal usaha produktif dalam bentuk Kredit Modal Kerja (KMK). Selain itu, nasabah juga dapat menggunakan fasilitas kredit ini sebagai Kredit Investasi (KI).

Fasilitas kredit KUR BNI diberikan kepada nasibah maksimal mencapai Rp 500 juta dengan jangka waktu pengembalian 36 bulan atau 3 tahun untuk KMK. Sedangkan untuk KI, jangka waktu pengembaliannya mencapai 60 bulan atau 5 tahun.

Keunggulan KUR BNI
Dilansir laman resminya, Bank BNI mengklaim ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan kepada nasabah jika memilih fasilitas KUR BNI, yaitu:

Fasilitas kredit hingga Rp 500 juta
Prosesnya cepat
Persyaratan mudah
Suku bunga bersaing
Jangka waktu pengembalian hingga 5 tahun
Suku bunga rendah hanya 6% eff per tahun.
Jenis-jenis KUR BNI
Sebagai informasi, KUR BNI terdiri dari tiga jenis. Apa saja? Simak di bawah ini.

1. KUR Super Mikro
Maksimum kredit sebesar Rp 10 juta
Suku bunga 6% p.a
Jangka waktu angsuran 3-5 tahun
Tidak diwajibkan agunan tambahan.
2. KUR Mikro
Maksimum kredit mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta
Suku bunga 6% p.a
Jangka waktu angsuran 3-5 tahun
Tidak diwajibkan agunan tambahan.
3. KUR Kecil
Maksimum kredit mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 500 juta
Suku bunga 6% p.a
Jangka waktu angsuran sampai dengan 4 tahun (KMK) dan 5 tahun (KI)
Memiliki pengalaman di bidang usaha minimal 6 bulan.
Syarat Umum Pengajuan KUR BNI
Advertisements


Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah jika ingin menggunakan fasilitas KUR BNI. Simak syarat-syaratnya di bawah ini:

Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
Memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 6 (enam) bulan.
Tidak sedang menerima Kredit Produktif dan Kredit Program di luar KUR dari Perbankan/Lembaga Pembiayaan.
KUR tetap dapat diajukan walau sedang menerima Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) untuk tujuan produktif dan/atau Kartu Kredit asalkan dalam kondisi lancar.
Tabel Angsuran
Bagi detikers yang ingin menggunakan fasilitas KUR BNI, sebaiknya ketahui dahulu tabel angsurannya. Hal ini dilakukan agar kamu mendapat gambaran berapa biaya angsuran yang harus dibayar setiap bulannya.

Untuk lebih jelasnya, simak tabel angsuran KUR BNI di bawah ini.

Sebagai catatan, angsuran pokok dan bunga dapat disesuaikan dengan karakter usaha Debitur. Misalnya, usaha di Bidang Pertanian dapat diberikan dengan Pola Yarnen (pembayaran setelah panen).

Demikian penjelasan mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI di tahun 2023, mulai dari keunggulan, jenis-jenisnya, persyaratan umum, hingga tabel angsurannya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Sumber : finance.detik

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...