Friday, December 8, 2023

Melonjak Tak Wajar, Saham 2 Emiten Ini Dipantau Ketat BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan telah terjadi peningkatan harga saham di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA) terhadap dua saham yang terafiliasi dengan Prajogo Pangestu. Kedua saham tersebut adalah PT Petrosea Tbk (PTRO) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).
"Dalam rangka perlindungan investor, dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham PT Petrosea Tbk (PTRO) di luar kebiasaan (Unusual Market Activity)," tulis BEI dalam keterbukaan informasi, Jumat (8/12/2023).

"Kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) di luar kebiasaan (Unusual Market Activity)," tambah BEI.

Sebagai informasi, harga saham PTRO yang sudah diakuisisi PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) milik Prajogo Pangestu melejit 72% dalam sepekan terakhir. Dalam rentan waktu sebulan, PTRO menguat 82,67%. Adapun harga saham PTRO saat ini berkisar di level 7.300.

Sementara itu TPIA menguat 66,44% dalam sepekan, dan melonjak 145% dalam 3 bulan terakhir. TPIA kini bertengger di level 4.910.

"Pengumuman Unusual Market Activity (UMA) tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal," sebut Bursa.

Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham MENN tersebut, BEI sedang mencermati perkembangan pola transaksi kedua saham ini. BEI menyebut para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa, dan mencermati kinerja Perusahaan Tercatat dan keterbukaan informasinya.


Lalu mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan Tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS, dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Sumber : detik

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...