Friday, October 4, 2019

Sultan HB X: Pasar Malam Sekaten Digelar 2 Tahun Sekali | PT Rifan Financindo

Sultan HB X: Pasar Malam Sekaten Digelar 2 Tahun Sekali

PT Rifan Financindo  -   Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, menegaskan pasar malam perayaan sekaten (PMPS) yang mengiringi hajad dalem sekaten hanya digelar dua tahun sekali.

"Untuk pasar malam (sekaten) itu dua tahun sekali kesepakatannya dengan (Pemerintah) Kota," jelas Sultan kepada wartawan usai melantik Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) DIY di Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Jumat (4/10/2019).

Sultan mengatakan, tidak digelarnya PMPS tahun ini seharusnya diumumkan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Namun Pemkot hingga kini belum memberikan pengumuman, hingga akhirnya pihak Keraton yang memberikan penjelasan.

"Ya semestinya yang mengumumkan kota, ning ra diumum-umumke (tapi tidak diumum-umumkan). Kan kasihan yang mau sekaten," tuturnya.

PMPS, kata Sultan, hanya tak digelar hanya untuk tahun ini saja. Sementara tahun depan PMPS akan digelar seperti biasanya. "Iya (PMPS digelar) tahun depan. Kesepakatan kita keramaian (hajad dalem sekaten) itu dua tahun sekali," pungkas dia.

Sebelumnya, Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, KPH Notonegoro menjelaskan bahwa salah satu alasan di balik keputusan ini adalah untuk memulihkan kondisi Alun-alun utara Keraton Yogyakarta.

"Yang jelas untuk tahun ini kami coba break dulu (PMPS) untuk (pemulihan) kondisi Alun-alun (Utara)," tuturnya, Kamis (4/10).

Sebagai informasi, Hajad Dalem Sekaten tahun ini akan digelar pada 3-9 November 2019. Acara itu akan diawali dengan Miyos Gangsa dan diakhiri dengan Kondur Gangsa. Sehari setelahnya atau tanggal 10 November akan dilangsungkan Garebeg Mulud.

Sumber: news.detik
PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...