Tuesday, November 10, 2020

Beredar Video Panwascam Diintimidasi Timses Calon Bupati Banyuwangi | PT Rifan Financindo


PT Rifan Financindo  -   Video diduga aksi pengusiran dan intimidasi terhadap anggota panwascam beredar di media sosial. Pengusiran dan intimidasi diduga dilakukan timses salah satu paslon Pilbup Banyuwangi.

Bawaslu Banyuwangi tengah melakukan penyelidikan terkait video tersebut. Ada dua video yang beredar.

Video pertama berdurasi 1 menit 48 detik. Video itu berisi pentas seni kampanye Calon Bupati Banyuwangi nomor urut 01, Yusuf Widyatmoko. Dalam video tersebut tampak hadir Yusuf, yang duduk berdampingan dengan Ketua Partai Demokrat Banyuwangi, Michael.

Dalam video itu juga terdengar suara seorang panwascam perempuan, yang berbicara di atas panggung. Ia meminta agar acara tersebut berjalan lebih tertib.

"Kepada Pak Yusuf untuk meninggalkan tempat ini, karena acara pentas seni termasuk yang dilarang. Tadi panitia sudah saya kasih SP (Surat Peringatan) loh ya. Monggo Pak Michael," kata panwas perempuan itu seperti dalam video yang dilihat detikcom, Selasa (10/11/2020).

"Karena ini salah satu yang dilarang. Mohon Bapak pengertiannya. Tunjukkan kalau paslon 1 bisa tertib," tambahnya.

Setelah perempuan tersebut berbicara, langsung dikerumuni oleh massa. Perempuan itu ditunjuk-tunjuk, bahkan harus diamankan meninggalkan lokasi kampanye.

Kemudian dalam video kedua yang berdurasi 3 detik, tampak panwas perempuan tersebut didatangi seorang pria. Pria itu lalu mengatakan 'otak Dipakai' ke panwas tersebut.

Komisioner Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid mengatakan, perempuan yang diduga diusir dan mendapatkan intimidasi itu merupakan Ketua Panwaslu Kecamatan Genteng, Catur Maryati.

"Memang benar itu Ketua Panwaslu Kecamatan Genteng. Tapi kami masih belum mengetahui penyebab pengusiran atau intimidasi itu," ujarnya kepada detikcom.

Saat ini, kata Hasyim, Bawaslu masih melakukan investigasi dan klarifikasi ke Kecamatan Genteng. "Masih kita lakukan klarifikasi dan investigasi. Secepatnya kita kabari," pungkasnya.

Sumber: News.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...