Wednesday, January 4, 2023

Kisah Athi', Dulu Lulus S1 Tanpa Skripsi Kini Kuliah S2 di Inggris dengan Beasiswa | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo - Athi' Nur Auliati Rahmah adalah lulusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang telah diwisuda pada Februari 2022 lalu. Namanya tidak begitu asing, sebab ia pernah diberitakan karena berhasil lulus cumlaude tanpa skripsi.

Mahasiswa Pendidikan Fisika tahun 2018 itu bisa lulus tanpa skripsi melalui program melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dari UNY.

Karya Athi' yang memenangkan Medali Emas dalam ajang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) tahun 2021, diapresiasi kampus sebagai RPL, sehingga Athi' bisa wisuda tanpa skripsi.

Aktif dalam Berbagai Program
Selama kuliah S1, Athi' tidak hanya berprestasi di ajang LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) divisi poster digital yang diselenggarakan oleh Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) Kemdikbudristek RI.

Ia juga turut mengikuti program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kampus Mengajar di pelosok Madura dan meraih gelar juara 1 mahasiswa berprestasi UNY 2021.

Selain itu, Warga Kecamatan Guluk-Guluk, Sumenep, Madura tersebut juga berhasil mendapatkan Juara 1 Talent Challenge dalam acara Persembahan Puncak Prestasi Talenta Indonesia akhir tahun kemarin yang diselenggarakan oleh Puspresnas.

Prestasi Membawa Athi' Meraih Beasiswa S2
Atas prestasinya, Puspresnas melalui Beasiswa Indonesia Maju kemudian mengapresiasi Athi' dengan bisa mendaftar Beasiswa Indonesia Maju tanpa kurasi.

Beasiswa Indonesia Maju sendiri adalah beasiswa yang diberikan oleh Kemdikbudristek bersama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. (LPDP) kepada peserta didik berprestasi pada ajang lomba/kompetisi/festival yang diselenggarakan dan/atau diakui oleh Kemdikbudristek melalui Puspresnas.

Dengan beasiswa tersebut, Athi' berhasil melanjutkan studi S2 ke luar negeri.

Kuliah di Kampus Top Dunia
Sekarang alumni prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY tersebut melanjutkan studi S2 di University of Bristol, Inggris dengan prodi MSc in Nanoscience and Functional Nanomaterials.

Kampus ini adalah kampus top dunia yakni masuk dalam Top 10 University di UK dan 61 di dunia serta Universitas Top 5 di UK untuk riset.

"Saya berterimakasih kepada UNY, sebagai kawah candradimuka, tempat saya menimba ilmu yang telah mengapresiasi dan mendukung giat-giat prestasi saya," kata Athi' dikutip dari laman resmi UNY, Selasa (3/1/2023).

Dalam mencapai itu, Athi' bercerita bahwa setelah wisuda Februari 2022, ia' langsung belajar IELTS untuk mendapat sertifikasi Bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar kampus dan beasiswa.

"Ibaratnya, saya jadi punya waktu satu semester untuk persiapan S2 dan bisa berangkat pada semester gugur (fall semester) September 2022," terangnya.

Tidak tanggung-tanggung, proses belajarnya dalam mencapai beasiswa akhirnya mengantarkan ia ke School of Physics - University of Bristol yang terkenal di bidang sains selama lebih dari seratus tahun.

Sekolah ini diakui di seluruh dunia untuk penelitian perintisnya dalam mekanika kuantum, semikonduktor, benda terkondensasi dan fisika logam, sinar kosmik dan astrofisika, glasiologi, interferometri sinar-X, optik topologi, dan yang baru-baru ini, ilmu nano dan ilmu informasi kuantum.


Sumber  : Finance.detik

 PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...