Thursday, February 9, 2023

Yuyun Sukawati Pernah Jadi Korban, Kini Tanggapi Kasus KDRT Venna Melinda | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo -  - Yuyun Sukawati pernah mengalami KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) dari suaminya Fajar Umbara. Melihat salah satu temannya, Venna Melinda, merasakan hal serupa membuat dia berkomentar.

Bintang sinetron Jin & Jun itu mengaku kenal Ferry Irawan dan Venna Melinda sebagai teman. Namun dia menegaskan apabila terjadi hubungan yang toxic dalam rumah tangga temannya bahkan hingga terjadi KDRT, menurutnya hal tersebut sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

"Mereka kan kawan baik baik Ferry Irawan maupun Venna Melinda. Memang nggak gampang menghadapi masalah seperti ini, seperti yang saya alami, keluar dari hubungan toxic itu memang sangat sulit," kata Yuyun Sukawati ditemui di Tanjung Duren, Jakarta Barat pada Rabu (8/2/2022).

Yuyun Sukawati lalu mengingat kembali masa kelam yang sempat dialaminya. Dia mengaku pernah merasa terkekang oleh Fajar Umbara.

Saat mengalami KDRT, Yuyun sangat enggan buka suara dan bercerita ke orang lain. Karena ada ketakutan dalam dirinya bahwa cerita itu akan dianggap aib keluarga.

"Pada saat itu, saya juga mengalami (kejadian seperti) nggak boleh pegang handphone. Ketemu orang harus diatur, kayak dikungkung karena mungkin takut, kalau aku ketemu orang aku akan cerita aib itu. Tapi ini jalan Allah semua, jangan lepas berdoa aja," ujar dia lagi.

Buat Venna Melinda, Yuyun Sukawati memberikan semangat. Dia juga berharap Venna Melinda bisa pulih dari trauma akibat KDRT.

Sementara untuk Ferry Irawan, Yuyun meminta agar pesinetron itu bertobat. Serta menjadikan permasalahan ini pelajaran di masa depan.

"Untuk mbak Venna semoga kuat dan bisa menghilangkan trauma yang saya pun mengalami. Untuk Ferry, semoga (kasus ini) bisa dijadikan pelajaran supaya bisa lebih bertobat saja. Tapi bagi aku, pelaku KDRT tidak akan pernah berubah," ungkapnya.

Berangkat dari pengalaman pribadinya sebagai korban KDRT, Yuyun Sukawati ingin bisa lebih lantang menyuarakan dan melindungi hak-hak perempuan serta anak. Dia pun kemudian tertarik untuk masuk politik.

Belakangan Yuyun menyoroti fenomena KDRT yang kerap terjadi termasuk menimpa dirinya. Yuyun pun mengaku berusaha memperjuangkan hak perempuan dan anak-anak lewat jalur politik.

Yuyun bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Apabila tak ada halangan, Yuyun Sukawati akan ikut serta dalam pemilihan legislatif di tahun 2024.

"Aku pernah jadi korban KDRT, jadi lewat jalur legistlatif ini aku bisa concert ke bidang perlindungan wanita dan anak. Aku ingin bilang ke korban KDRT bahwa sebagai korban kita harus berani speak up," kata Yuyun Sukawati ditemui di Kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat pada Rabu (8/2/2022).

Demi misinya ini, Yuyun Sukawati mengincar kursi di komisi III Aspirasi Perlindungan Anak dan Perempuan di DPRD Cirebon. Dia pun tidak memungkiri bahwa sebagai perempuan yang pernah jadi korban KDRT, bicara dan terbuka ke publik soal kejadian buruk yang menimpanya memang sulit.


Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...