Thursday, May 25, 2023

IHSG Diprediksi Positif, Ajaib Hadirkan Fitur Kemudahan Trading Saham | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  - Financial Expert Ajaib Chisty Maryani optimistis pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada kuartal II-2023 masih positif. Hal itu terjadi karena ada sejumlah faktor yang bisa mendorong pergerakan IHSG menjadi lebih positif.
"Kalau saya melihat pergerakannya (IHSG) masih dalam skenario optimis. Indeks ini masih sangat positif ke depan," kata Chisty Maryani dalam siaran Profit yang disiarkan CNBC Indonesia, dikutip Kamis (24/5/2023).

Ia mengatakan pertumbuhan ekonomi RI kuartal I-2023 yang masih positif berada di atas 5% menjadi salah satu faktor yang diprediksi bisa membuat IHSG positif ke depannya. Selain itu, neraca perdagangan yang masih surplus juga memberikan dampak positif terhadap pergerakan harga IHSG kuartal II-2023.

"Ekonomi kita di kuartal I tumbuhnya di atas 5%, tren dari neraca perdagangan masih surplus meskipun kinerja ekspor mulai turun di tengah-tengah permintaan dari sisi global yang tengah turun. Tetapi kita masih cukup besar lah surplus-nya. Di bulan April lalu itu, surplus neraca dagang kita US$ 3,94 miliar," jelasnya.

Menurutnya, pertumbuhan neraca perdagangan tersebut memberikan pengaruh terhadap komponen perhitungan produk domestik bruto (PDB) di kuartal selanjutnya.

"Tentunya ini bisa menambah komponen perhitungan PDB pada di kuartal selanjutnya. Karena dari kinerja ekspor dan impor ini diperhitungkan pembentuk PDB," ungkapnya.

Ia mengatakan faktor lain yang memberikan sentimen positif IHSG yaitu, tren konsumsi masyarakat masih meningkat, retail sales tumbuh cukup solid, serta neraca pembayaran mengalami peningkatan.

"Konsumsi masyarakat masih meningkat, retail sales tumbuhnya cukup solid 4,9%. Kemudian kalau kita lihat dari neraca pembayaran mengalami peningkatan surplus menjadi US$ 6,5 miliar. Dengan surplus ini membuat cadangan devisa kita sangat besar," tuturnya.

Meskipun cenderung positif, ia mengingatkan agar para trader tetap harus teliti dalam melakukan trading saham. Selain harus melakukan analisis teknikal dan fundamental, para trader juga harus memperhatikan perusahaan sekuritas yang digunakan untuk trading.

"Tentunya sebagai seorang trader bisa mulai perusahaan sekuritas yang memiliki platform fitur cukup lengkap," ungkapnya.

Ajaib Hadirkan Beragam Fitur untuk Kemudahan Trading
Chisty Maryani mengatakan pihaknya menghadirkan sejumlah fitur untuk membantu para trader profesional dalam mendulang cuan saat trading. Adapun fitur tersebut salah satunya yaitu Advance Charting.

Melalui fitur tersebut trader akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan evaluasi dari performa trading. Sebab fitur tersebut memberikan kemampuan untuk melihat berbagai indikator teknis saat trading. Selain itu, trader juga bisa melihat data histori dan informasi harga saham dengan sangat cepat.

"Kita ini mem-provide keseluruhan indikator kepada user yang bisa digunakan (Advance Charting). Tidak dibatasi atau hanya satu, dua, atau tiga indikator saja, melainkan penggunaan indikator teknikelnya tanpa batas. Bisa menggunakan lebih dari 3 indikator membantu trader melakukan analisa lebih komprehensif," tuturnya.

Fitur lain yang dihadirkan yakni Stock Screener. Menurutnya, fitur tersebut mampu memberikan kemudahan kepada para trader untuk melakukan screening terhadap emiten saham. Mengingat, jika screening dilakukan secara manual maka akan memakan banyak waktu.
"Karena tentunya kalau melakukan screening saham dengan banyak sekali ratusan saham yang terdaftar saat ini kan akan memakan waktu. Maka kita provide fitur Stock Screener untuk memudahkan trader untuk menganalisis secara fundamental," ungkapnya.

Sementara, khusus untuk untuk trader yang suka melakukan aktivitas scalping dan day trading atau jual beli saham di hari yang sama, Ajaib memberikan fitur khusus berupa tambahan hingga 7x Buying Power dengan mengaktifkan akun khusus. Dalam akun tersebut, trader dan scalper dapat melakukan aktivitas day trading hingga 100 saham pilihan.


"Proses aktivasi akun mudah & cepat, kurang dari 15 menit maka akun tersebut sudah bisa untuk melakukan aktivitas day trading dengan tambahan Buying Power," kata Chisty.

Sementara untuk nasabah prioritas, pihaknya menghadirkan fitur Ajaib Prime. Fitur tersebut membantu nasabah prioritas dalam menentukan keputusan.

Menurutnya, ada sejumlah keuntungan yang bisa dirasakan dari layanan Ajaib Prime, antara lain, mendapatkan pelayanan personal langsung dari relationship manager (RM), akses webinar khusus, analisa eksklusif dari emiten tertentu, dan lainnya.

"Jadi Ajaib Prime ini layanan eksklusif untuk nasabah. Nanti nasabah mendapatkan layanan personal langsung dari dedicated RM tersertifikasi, Sehingga nasabah prioritas bisa memaksimalkan keuntungan," jelasnya.

"Nasabah juga dapat melakukan berbagai akses seperti ke halaman khusus Ajaib Prime, webinar khusus untuk nasabah Ajaib Prime, serta akses analisa eksklusif di emiten tertentu dari Financial Expert Ajaib. Nasabah bisa menanyakan rekomendasi saham harian hingga konsultasi pribadi ke Relationship Manager. Sehingga bisa membuat keputusan investasi yang tepat," tutupnya.


Sumber : Finance.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...