Wednesday, June 7, 2023

Oh.. Ternyata Ini yang Bikin Harga Bawang Putih dan Merah Makin Mahal | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo -   Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat naiknya harga bawang putih dan bawang merah menyumbang inflasi periode Mei 2023. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartini mengungkapkan harga kedua komoditas itu naik karena pasokan di pasar tradisional yang menipis.

Pudji menjelaskan saat ini pasokan dari produsen atau petani masih minim dan membuat kebutuhan masyarakat belum terpenuhi. "Produksi belum banyak, jadi suplai dari produsen membuat kebutuhan belum mencukupi," kata dia dalam konferensi pers, Senin (5/6/2023).

Dia mengungkapkan, pasokan di pasar saat ini belum seperti pada panen raya. Pudji menambahkan untuk bawang putih kenaikan harga ini terjadi karena pasokan dari impor belum sepenuhnya masuk ke Indonesia. "Pasokan di pasar terbatas, ini mengakibatkan harga lebih mahal," ujarnya.


Sebagai informasi, bawang putih menjadi komoditas yang sebagian besar kebutuhannya dipenuhi dari impor. Angka persentase-nya kira kira 95% kebutuhan dalam negeri dipenuhi dari impor.


Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengungkapkan pemerintah telah mengeluarkan izin impor bawang putih sebanyak 176.000 ton. Realisasi impor yang sudah masuk sebanyak 137.000 ton dari China.

"Persetujuan impor dari Menteri Perdagangan sudah keluar 176.000 ton, realisasinya 137.000 ton. Yang dikerjakan hari ini iya dari China (impor bawang putih)," katanya kepada detikcom.

Adapun kebutuhan dalam negeri setiap bulannya sebanyak 55.000 ton. Dengan izin impor tersebut, Arief mengatakan kebutuhan bawang putih dalam negeri masih tercukupi.

"Tercukupi tetapi tipis, kalau nggak tercukupi hari ini nggak ada itu bawang putih," jelasnya. Dia menyebutkan untuk izin impor bawang putih ini telah diatur jangka waktunya.

Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo




No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...