Friday, August 18, 2023

Arti Tabarakallah dan Waktu Terbaik Pengucapannya | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo -  Ungkapan Tabarakallah sudah tidak asing lagi terdengar di telinga karena cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh umat Islam. Sering kali, penyebutan kata ini turut disertai dengan ungkapan Masyaallah sebagai bentuk pujian.

Pada umumnya, kata Tabarakallah dilontarkan sebagai ungkapan yang mengandung kebaikan. Begitupun dalam ajaran Islam, mengucapkan kata-kata yang baik termasuk bagian dari perintah Allah SWT sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 83,

... وَ قُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا ...

Artinya: "...serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia..."

Perkataan yang baik juga termasuk ungkapan yang mengandung doa kebaikan, seperti halnya mengucapkan Tabarakallah. Lantas, apa arti ungkapan Tabarakallah dan kapan diucapkan?

Arti Tabarakallah
Kata Tabarakallah (تبارك الله) artinya 'Maha Suci Allah' yang diterjemahkan dari bahasa Arab. Melansir arsip berita Hikmah detikcom, penyebutan kata Tabarakallah biasa disandingkan dengan ungkapan Masyaallah yang mengandung makna untuk mengungkapkan pujian kepada Allah SWT terhadap sesuatu.

Penggunaan kata Tabarakallah sebenarnya telah banyak dituliskan pada sejumlah ayat dalam Al-Qur'an, salah satunya termaktub dalam surah Al-A'raf ayat 54, Allah SWT berfirman,

تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Latin: Tabārakallāhu rabbul-'ālamīn.

Artinya: "... Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam,"

Selain itu, kata Tabarakallah juga disebutkan dalam surah Ar-Rahman ayat 78 sebagaimana firman Allah SWT,

تَبَارَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Latin: Tabārakasmu rabbika żil-jalāli wal-ikrām.

Artinya: "Mahaberkah nama Tuhanmu Pemilik keagungan dan kemuliaan."

Waktu yang Tepat Mengucapkan Tabarakallah
Ungkapan Tabarakallah dapat diucapkan umat Islam ketika hendak mengagumi keindahan, mensyukuri nikmat, atau ketika melihat keberkahan pada saudara muslim lainnya. Pada dasarnya, ungkapan Tabarakallah ditujukan sebagai ungkapan syukur atas rahmat serta nikmat dari Allah SWT.

Dengan mengucapkan kata Tabarakallah atau Masyaallah Tabarakallah juga dapat menjadi alternatif ungkapan doa supaya menghindarkan seseorang dari tumbuhnya rasa iri dan dengki di dalam hati. Terlebih apabila seorang muslim melihat suatu hal yang membuat kagum sehingga dikhawatirkan akan menjadi penyebab 'ain.

Menurut Ibnu Qayyim dalam kitab Zad al-Ma'ad sebagaimana dinukil dalam buku Tartil Al-Qur'an untuk Kecerdasan dan Kesehatanmu oleh Ust. Rizem Aizid, 'ain adalah penyakit yang berasal dari jiwa orang yang dengki melalui pandangan matanya.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, "Mintalah kalian perlindungan kepada Allah dari 'ain (mata jahat) karena sesungguhnya 'ain itu benar adanya."

Oleh sebab itu, mendoakan saudara sesama muslim setelah melihat sesuatu yang membuat kagum pada dirinya turut dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana sabda beliau yang termaktub dalam sebuah hadits:

إذا رأى أحدكم من نفسه و أخيه ما يعجبه فليدع بالبركة فإن العين حق

Artinya: "Jika salah satu dari kalian melihat pada diri saudaranya sesuatu hal yang menakjubkan, maka doakanlah keberkahan untuknya, karena mata 'ain itu nyata," (HR Al Hakim).

Jawaban atas Ungkapan Tabarakallah
Ketika mendapatkan ungkapan Tabarakallah dari orang lain, alangkah baiknya jika umat Islam dapat menjawabnya dengan kata-kata yang baik pula. Sebab, perkataan yang baik itu dapat mengandung bacaan doa bagi orang lain sebagai balasan atas ungkapan yang telah diucapkannya.

Adapun pilihan kata-kata yang baik untuk menjawab ungkapan Tabarakallah, seperti dikutip dari arsip detik Hikmah, antara lain sebagai berikut:

  1. Jazakallah khair, artinya semoga Allah SWT membalasmu dengan kebaikan. Perkataan ini menunjukkan bahwa orang yang diucapkan mempunyai niat yang baik dan meminta berkah dari Allah SWT untuk orang yang mengucapkannya.
  2. Barakallahu fikum, artinya semoga Allah SWT merahmatimu. Ungkapan ini mengandung arti yang relatif serupa dengan kata Masyaallah Tabarakallah.


Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...