Monday, August 28, 2023

Ini Lho Kantor Kementerian PUPR yang Masuk Jajaran Paling Hijau Se-ASEAN

 Kantor Kementerian PUPR masuk dalam jajaran gedung paling 'hijau' se-ASEAN dalam Penghargaan ASEAN Energy Awards 2023.



Kantor Kementerian PUPR yang terletak di Jalan Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini berebda dari kantor kementerian yang lain.

Selain berada di area yang sangat luae, kantor ini juga sangat hijau dan asri. Setiap sudut kantor pusat ini dihiasi oleh tanaman hijau.

Selain suasana hijau, kantor pusat PUPR ini juga memiliki beberapa taman. Salah satunya adalah Taman Sanita yang dilengkapi dengan sebuah kolam yang airnya merupakan hasil olahan dari wudhu yang terbuang.

Selain taman, ada pula beberapa lapangan gateball. Gateball merupakan modifikasi dari olahraga kriket. Ternyata olahraga ini merupakan olahraga kegemaran para pegawai Kementerian PUPR. Di sekitar lapangan juga terdapat banyak merpati yang menjadi penghuni tetap kantor pusat Kementerian PUPR ini.

Inovasi pengolahan dan penyediaan air di kantor pusat Kementerian PUPR ini juga sangat bervariasi. Selain pengolahan air wudhu menjadi air kolam, di kantor ini juga menyediakan air siap minum yang bisa dinikmati semua orang.

Kemudian, selain Taman Sanita, ada juga Taman Abipraya yang sangat khas dengan keran terbangnya. Keran dan air ini melambangkansalah satu tugas Kementerian PUPR yakni untuk menyediakan air di daerah yang sulit air.

Tak hanya di aera taman dan lapangan, nuansa hijau juga dapat dilihat di bagian luar setiap bangunan.

Selain taman untuk bersantai, ada juga area yang diperuntukkan khusus sebagai tempat upacara para pegawai. Meski untuk upacara, area ini tetap tampak sangat hijau.

Ini merupakan bangunan untuk tempat parkir motor. Di bagian atas bangunan terdapat panel surya yang menjadi sumber listrik mandiri bagi bangunan tersebut.

Sumber : news.detik

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...