Thursday, November 30, 2023

Ini Alasan Agen Bank di Likupang Jadi Favorit Warga Pulau Meski Dekat Bank

 


Pepatah mengatakan rezeki tidak akan pernah tertukar. Hal ini pun terlihat dari larisnya agen bank di Likupang, Minahasa Utara yang ramai didatangi bahkan jadi favorit masyarakat meski jaraknya sangat berdekatan dengan kantor unit bank.
Di Desa Likupang II, Kecamatan Likupang Timur, tim detikcom menemui sebuah Agen BRILink yang jaraknya tak sampai 500 m dari Kantor Unit BRI Likupang. Kendati demikian, Agen BRILink yang juga merangkap mini toserba ini selalu ramai didatangi nasabah atau masyarakat yang membutuhkan layanan transaksi keuangan.

Pemilik Agen BRILink Berlian, Lenny Wuisan mengatakan waktu operasional agen BRILink miliknya yang lebih panjang dan fleksibel membuat masyarakat senang menggunakan jasa yang ia tawarkan.


"Kita buka sampai malam jam 10, dari pagi jam 7. Biasanya bank kan baru buka jam 8 atau setengah 9, jadi kalau ada orang butuh pagi-pagi orang datang ke sini," ungkap Lenny kepada detikcom.

"Malam juga, kan bank jam 3soresudah tutup to. Orang kemari. Kalau malam mendadak orang perlu misalnya untuk kirimanakduit atau berbisnis untuk transfer malam itu juga, mereka malam-malam datang ke sini kita buka sampai jam 10 malam," imbuhnya.

Ia menceritakan mulanya Toko Berlian miliknya ditawari untuk menjadi Agen BRILink sekitar 5-6 tahun lalu. BRI menawarkan layanan ini agar dirinya bisa menambah usaha dengan menjadi perpanjangan tangan dari BRI.

Selama kurun waktu tersebut, Lenny mengatakan agen miliknya sudah melayani banyak pelanggan. Tak hanya dari Likupang, tapi juga dari pulau-pulau kecil di Minahasa Utara, seperti Pulau Gangga, Pulau Talise, Pulau Bangka, dan sekitarnya.


Ini Alasan Agen Bank di Likupang Jadi Favorit Warga Pulau Meski Dekat Bank Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Advertisements


Lebih lanjut, Lenny mengungkapkan ada sejumlah keunggulan lain yang membuat Agen BRILink miliknya tetap ramai meski berdekatan dengan bank. Menurutnya, pelanggan tidak perlu repot mengantre panjang seperti di bank untuk memenuhi kebutuhan transaksi, baik transfer, tarik tunai, beli pulsa, bayar tagihan, dan lain sebagainya.

"Memang dekat (bank), tapi karena mungkin nasabah dari BRI kan banyak.Jadi untuk mempermudah,memperlancar,danmempercepat bertransaksi,masyarakat mencari pilihan ke agen BRILink," tuturnya.

Usahanya menjadi Agen BRILink pun berbuah manis. Pasalnya, selain bantu mempermudah kebutuhan transaksi keuangan masyarakat, Lenny juga mendapatkan fee dari biaya administrasi.

"Pendapatan dari bank itu kan ada fee tersendiri, dari kami juga ada biaya admin. Jadi sebulannya untuk setoran pinjaman kena biayaRp5.000/transaksi, transfer juga adaRp5.000 atauRp10.000per transaksitergantung bank tujuannya," ungkapnya

Dalam sebulan, tercatat Lenny bisa melayani hingga lebih dari 1.200 transaksi. Nilai transaksinya pun terbilang besar, mencapai Rp 1,3-1,4 miliar per bulan. Selain melayani transaksi keuangan seperti transfer dan tarik tunai, kini agen miliknya juga bisa melayani kebutuhan pinjaman masyarakat tepatnya melalui program Ultra Mikro (UMi).

"Di sini juga melayani kredit UMI, tapi ada batas pinjamanRp1-10 juta nanti kami setoran ke bank.Agen BRILink Berlian baru tahun ini menjadi mitra UMiyang bisa melayani kredit pinjaman ultra mikro setelah ditawarkan oleh pihak bank," tuturnya.

Lenny berharap perannya sebagai Agen BRILink sekaligus Mitra UMi bisamemperlancardan mempercepat kebutuhantransaksikeuangan masyarakat sekitar.

"Terlebih untuk masyarakat sekitaryang sangat membutuhkan kelancaran dari proses mereka bertransaksi,di saat mereka butuh dan banktutuptentu solusi pertama mereka ke agen BRILink," tandasnya.

Ditemui terpisah, Pemimpin Cabang BRI Bitung Ronald Engelbert Pinontoan mengungkapkan BRI bekerja sama dengan Agen BRILink dan Mitra Umi yang menjadi perpanjangan tangan bank untuk melayani kebutuhan masyarakat, terutama di daerah pelosok.


Ini Alasan Agen Bank di Likupang Jadi Favorit Warga Pulau Meski Dekat Bank Foto: Andhika Prasetia/detikcom
"Agen BRILink ini sekarang kita rekrut menjadi Mitra UMi, yaitu agen yang bisa menyalurkan kredit BRI sehingga masyarakat bisa mendapatkan fasilitas kredit untuk membangun usaha tidak harus datang ke BRI. Jadi cukup datang ke Mitra UMi, mereka bisa mendapatkan kredit UMi,"papar Ronald.

"Agen Mitra UMi itu kita berdayakan, bekerja sama dengan BRI dalam pengelolaan transaksi. Mereka ini akan mendapatkan sharing fee dalam setiap transaksi.Mereka rata-rata toko warung dan lain-lain, sehingga (dengan) adanya BRILink mereka bisa melakukan transaksi keuangan BRI, dagangan usahanya juga otomatis meningkat dan terdampak," pungkasnya.

Sebagai informasi, detikcom bersama BRI mengadakan program Jelajah Desa BRILiaN yang mengulas potensi dan inovasi desa di Indonesia baik dari segi perkembangan ekonomi, infrastruktur, hingga wisata serta dampaknya terhadap masyarakat lokal maupun nasional. Untuk mengetahui informasi program Desa BRILian lebih lanjut, ikuti terus informasinya hanya di jelajahdesaBRILiaN.detik.com!

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...