Monday, July 17, 2023

Viral dari Tahun Lalu sampai Diundang ke Italia, Kenapa BRIN Belum Uji Nikuba?

 PT Rifan Financindo  -  Nikuba, alat yang bisa menyulap air jadi bahan bakar buatan Aryanto Misel sudah viral sejak tahun 2022 lalu. Kini Nikuba membetot perhatian lantaran menarik atensi mancanegara. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sudah berupaya membangun komunikasi tapi belum bisa meneliti lebih lanjut Nikuba.

Dadan Nugraha, Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Masyarakat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mengungkapkan, BRIN sudah mengunjungi Aryanto Misel di Cirebon, Jawa Barat sejak pertengahan Mei 2022. Kala itu BRIN membuka komunikasi kepada Nikuba untuk diuji secara ilmiah.

"Kalau saya datang ke sana memang niatnya tidak masuk ke hal teknis dulu tapi mencoba membuka komunikasi dan menawarkan tadi (memfasilitasi Nikuba untuk diuji). Jadi belum masuk ke hal teknis ke pengujian apalagi sampai menyimpulkan apakah itu murni energi air menjadi listrik atau tetap ada bantuan BBM, kami belum bisa menjawab itu, seperti yang disampaikan pak Haznan, BRIN belum melakukan proses pengujian," ujar Dadan di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, Nikuba ramai mendapat sorotan publik karena diajak kerja sama penyedia energi Ferrari dan Lamborghini. Nikuba diajak terbang ke negeri Pizza itu oleh perusahaan PT Octagon Precisius Indonesia yang memiliki induk di Italia.

Selama dalam rentang satu tahun tersebut, BRIN mengaku sudah mengajak penemu Nikuba, namun Aryanto Misel mengaku tak ingin dibantu. Saat ini lembaga di bawah pemerintah itu sifatnya menunggu Aryanto Misel.

"Dari beberapa kali di sesi wawancara media juga beliau dipertemukan oleh media kan dengan beberapa pejabat BRIN, Pak Deputi, jadi saya kira sejauh ini sih belum ada rencana kerjasama lanjutan lah antara Pak Misel dengan BRIN. Mudah-mudahan ke depan kebuka pintu itu (komunikasi dan kerja sama). Kita menunggu saat ini," tambahnya.

Dadan mengatakan hingga saat ini BRIN belum mengajak secara resmi Aryanto Misel untuk pengujian setelah kunjungan pada Mei 2022 lalu. Tapi BRIN mengaku selalu membuka pintu untuk penemuan inovasi karya anak bangsa.

"Prinsipnya kapan pun beliau berkenan dan sering juga disampaikan pak Kepala, kami sangat terbuka. Jadi mungkin jika ada peluang beliau berkenan untuk melanjutkan komunikasi kita yang terdahulu, itu siap saja," kata Dadan.

"Saya juga sudah pernah menghubungi beliau, tapi jujur belum ada respons lagi dari beliau. Tidak lama (menghubungi Aryanto Misel) setelah saya bertemu di Cirebon itu," tambahnya lagi.

Dengan tegas, BRIN menyatakan pihaknya mendukung temuan masyarakat, termasuk dengan Nikuba.

"Kita (BRIN) sekali lagi menawarkan apa yang bisa BRIN dukung, BRIN bantu, dan BRIN fasilitasi untuk menyempurnakan dan menguji alatnya," tegas Dadan.

Saat di kediaman Aryanto Misel, Dadan mengaku sudah melihat alat Nikuba. Tapi dia belum bisa menjelaskan bagaimana kerja alat tersebut.

"Sudah (lihat Nikuba), memang bahwa itu dipasang di motor, saya lihat sendiri. Tapi dalamannya sendiri saya tidak bisa menjawab," kata dia.



Sumber : finance.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...