Thursday, October 12, 2023

Airlangga Lapor ke Jokowi AS Hengkang dari Proyek DME, Diganti China | PT Rifan

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengomentari hengkangnya Air Products dari Amerika Serikat (AS) dari proyek hilirisasi batu bara ke Dimethyl Ether (DME) di Indonesia.
Airlangga mengaku sudah melaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) ada pergantian penggunaan teknologi di proyek DME dari sebelumnya AS beralih ke China.

"Jadi DME tadi juga dilaporkan ke Pak Presiden yang semula teknologinya berasal dari Amerika ini sekarang berubah teknologinya dari China. Karena Amerika Mundur," ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (12/10/2023).

"Investornya kan dari dulu sama aja, yang di Palembang tetap, yang di Kalimantan juga tetap. Yang berbeda adalah teknologi providernya," lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengungkap calon pengganti Air Products berasal dari China. Luhut mengklaim perusahaan tersebut punya teknologi yang bisa membuat ongkos operasional lebih murah.

"Tapi sekarang kita sudah dapat sih dari China, yang teknologinya CO-2 nya bisa di-inject ke bumi, jadi malah cost-nya lebih murah. Jadi sekarang kita lagi engage yang dari China itu, karena teknologi Air Products itu dari China juga," ujar Luhut, Selasa (9/5/2023).

Luhut mengakui ada sedikit masalah sehingga investasi Air Products di Indonesia batal. Selain itu ia juga menyinggung produk Amerika Serikat yang disebutnya mahal.

Sebelumnya, Plh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Idris F Sihite mengatakan, Air Product mundur dari proyek hilirisasi batu bara karena ingin mengembangkan blue hydrogen. Sebab, pemerintah AS memberikan insentif yang lebih besar.

Sumber : Market.bisnis

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...