Thursday, January 25, 2024

6 Manfaat yang Didapatkan Saat Berkebun, Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental!

Berkebun menjadi kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik orang lanjut usia, anak muda, hingga anak-anak.

Tanaman yang ditanam tidak harus berukuran besar, tapi kamu bisa mulai dari menanam tanaman di beberapa pot kecil. 

Kamu bisa mulai menanam beberapa jenis sayuran seperti cabai atau tomat, yang jika dirawat dengan baik akan menghasilkan buah dan bisa kamu gunakan.

Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mencoba berkebun di rumah.

1. Memberikan Efek Anti-inflamasi

Berkebun baik untuk anak/ Foto:freepik.com

Menghabiskan waktu untuk berkebun membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, menurut penelitian dari University of Colorado.

Berkebun juga membantu anak-anak mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena terdapat bakteri tanah bernama Mycobacterium vaccae yang membantu sistem kekebalan tubuh.

 

2. Meningkatkan Produksi Vitamin D

Paparan sinar matahari langsung ketika berkebun/Foto:freepik.com

Ketika berkebun secara langsung kamu terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari membantu meningkatkan produksi vitamin D.

Menurut penelitian dari National Library of Medicine, vitamin D membantu mengatur ratusan, bahkan ribuan gen yang mengontrol metabolisme kalsium, fungsi sistem kekebalan tubuh, dan sistem neuromuskular.

Vitamin D juga membantu perkembangan tulang pada anak-anak, membantu mencegah rakhitis, serta memperkuat tulang pada orang lanjut usia.

3. Meningkatkan Fungsi Otak
Berkebun bersama anggota keluarga. Foto freepik.com: j.comp

Ilustrasi/Foto: Freepik/jcomp

Berkebun dengan intensitas rendah hingga sedang dapat meningkatkan cara kerja otak. Menurut National Library of Medicine, kadar neurotropik dari otak dan faktor pertumbuhan dari trombosit meningkat secara signifikan setelah 20 menit aktivitas berkebun.

Zat-zat tersebut membantu otak menumbuhkan lebih banyak sel, meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah, meningkatkan memori, hingga fungsi kognitif. 

4. Sarana Lain untuk Olahraga

Gerakan berkebun seperti gerakan olahraga/Foto: freepik.com

Ketika berkebun kamu melakukan gerakan fungsional yang meniru latihan seluruh tubuh. Kamu melakukan pekerjaan berat seperti berjongkok, menggali, membungkuk, dan lainnya.

Center for Disease Control menempatkan aktivitas berkebun sebagai aktivitas fisik sedang, karena berkebun membakar kalori hampir setara dengan olahraga di gym

5. Mengurangi Stres

Stres dengan pekerjaan/Foto: freepik.com/wayhomestudio

Hampir semua bentuk olahraga bisa mengurangi stres. Sama halnya dengan berkebun, yang bisa meringankan suasana hati dan menurunkan tingkat stres. 

Rutinitas berkebun ini memberikan struktur pada keseharian dan dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental. 

 

6. Meningkatkan Produksi Serotonin

Tidur nyenyak setelah berkebun/ Foto: freepik.com

Menurut National Library of Medicine, serotonin merupakan hormon yang penting dalam meningkatkan suasana hati yang positif dan menjaga mental agar tetap tenang serta membantu untuk tidur nyenyak.

Serotonin dihasilkan dari paparan sinar matahari yang hangat dan masuk ke siklus produksi serotonin-melatonin, yang pada akhirnya diubah menjadi melatonin untuk membantu tidur lebih baik.


Sumber : beautynesia

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...