Tuesday, February 13, 2024

Produk Jajanan di AS Menciut, Joe Biden Jengkel!

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden meminta perusahaan makanan ringan untuk menghentikan shrinkflation jelang digelarnya final olahraga American Football, Super Bowl. Shrinkflation adalah saat ukuran atau volume produk mengalami penyusutan namun harganya tidak turun.

"Saat membeli makanan ringan untuk pertandingan, Anda mungkin memperhatikan satu hal: botol minuman lebih kecil, sekantong keripik lebih sedikit keripiknya, tetapi produsen tetap menagih Anda dengan harga yang sama," katanya di akun X (dulu Twitter), dikutip dari CNN, Selasa (13/2/2024).

"Beberapa perusahaan mencoba mengambil langkah cepat dengan menyusutkan produknya sedikit demi sedikit dan berharap konsumen tidak menyadarinya," lanjutnya.

Biden menyebut warga AS bosan dipermainkan pelaku usaha. Namun tidak secara spesifik menyebut nama perusahaan yang dimaksud, atau tindakan apa yang bakal diambil pemerintah.

"Publik Amerika sudah bosan dipermainkan," tegas Biden

Shrinkflation menjadi taktik penghematan biaya yang umum terjadi selama periode tekanan inflasi. Meski inflasi telah merambat ke level terendah dalam tiga tahun terakhir, harga-harga di AS masih tetap tinggi bagi banyak.

Biden kini berjuang untuk menyampaikan pesan ekonominya menjelang pemilu 2024. Indikator-indikator ekonomi menunjukkan hal yang positif, namun banyak warga AS merasa bahwa kebijakan presiden telah memperburuk kondisi ekonomi di negara Paman Sam tersebut.

Dalam jajak pendapat CNN baru-baru ini, mayoritas warga Amerika (55%) yakin bahwa kebijakan Biden telah memperburuk kondisi perekonomian AS. Sementara itu hanya 26% yang percaya kebijakan Biden telah memperbaiki kondisi perekonomian.

"Tidak dapat disangkal bahwa shrinkflation adalah nyata dan mempunyai dampak terukur terhadap anggaran keluarga," kata laporan bulan Desember yang diterbitkan oleh Senator Demokrat Bob Casey.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment

Jumlah Uang Beredar Naik Jadi Rp 8.721,9 T Berkat Penyaluran Kredit Moncer

Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar pada Januari 2024 mengalami pertumbuhan. Uang beredar mengalami pertumbuhan, salah satunya ditopan...